RPP



Sekolah                        :    SMP……..
Mata Pelajaran           :    Matematika
Kelas / Semester          :    VIII / 2
Alokasi Waktu            :    2 x 40 menit (1 pertemuan)

     A.    Standar Kompetensi
   Memahami sifat-sifat kubus,balok,prisma,limas,dan bagian-bagiannya,serta menentukan ukurannya.
     B.     Kompetensi Dasar
   Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas.
     C.     Indikator
1.      Membuat  3 jaring-jaring kubus dengan benar.
2.      Membuat 3 jaring-jaring balok dengan benar.
3.      Membuat 2 jaring-jaring prisma dengan benar.
4.      Membuat 2 jaring-jaring limas dengan benar.
     D.    Tujuan
1.      Siswa dapat membuat 3 jaring-jaring kubus dengan benar.
2.      Siswa dapat membuat 3 jaring-jaring balok dengan benar.
3.      Siswa dapat membuat 2 jaring-jaring balok dengan benar.
4.      Siswa dapat membuat 2 jaring-jaring balok dengan benar.
     E.     Topik
1.      Jaring-jaring kubus.
2.      Jaring-jaring balok.
3.      Jaring-jaring prisma.
4.      Jaring-jaring limas.

     F.      Uraian Materi
1.      Jaring-Jaring Kubus dan Balok
Jika suatu bangun ruang diiris pada beberapa rusuknya, kemudian direbahkan sehingga terjadi bangun datar, maka bangun datar tersebut disebut jaring-jaring.
Gambar dibawah ini adalah kubus dan balok ABCD.EFGH yang terbuat dari kertas. Pada kubus, apabila rusuk BC, BF, BG, FE, EH, BA, dan AD diiris maka akan membentuk bangun datar yang disebut jaring-jaring kubus. Jika rusuk-rusuk yang diiris berbeda maka akan diperoleh jarring-jaring kubus yang berbeda pula.
Jaring-jaring kubus merupakan rangkaian 6 buah persegi yang jika dilipat-lipat menurut garis persekutuan dua persegi dapat membentuk kubus, tetapi tidak boleh ada bidang yang rangkap atau bertumpuk. Dengan demikian, tidak semua 6 buah persegi merupakan jaring-jaring kubus.
Begitupun dengan bangun balok, jika rusuk-rusuknya diiris maka juga akan membentuk suatu bangun datar yang disebut dengan jaring-jaring balok. Jika rusuk-rusuk yang diiris berbeda maka akan membentuk jaring-jaring balok yang berbeda pula.
2.      Jaring-jaring prisma
Prisma adalah bangun ruang tertutup yang dibatasi oleh dua sisi berbentuk segi banyak yang sejajar dan kongruen, serta sisi lainnya berbentuk persegi panjang. Di bawah ini adalah contoh jaring-jaring prisma. Jika yang diiris rusuk yang berbeda, maka juga akan menghasilkan jaring-jaring yang berbeda pula.



3.      Jaring-jaring Limas
Limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah bidang segibanyak sebagai sisi alas dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga.Di bawah ini, diberikan contoh jaring-jaring limas.



     G.    Referensi
      Buku:
1.      Sulaiman,dkk.2008.Contextual Learning and Teaching Matematika Kelas VIII edisi 4.Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Alat:
1.      White Board
2.      Spidol
3.      Penggaris
4.      Aplikasi ( jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas dari karton).


0 komentar:

Posting Komentar