Belajar
dalam sebuah setting konstruktivis bukan berarti membiarkan siswa melakukan apa
saja yang mereka mau. Guru berinteraksi dengan siswa dengan menarik
pertanyaan-pertanyaan dari mereka dan sudut pandang mereka. Kuncinya adalah
guru mengatur lingkungan pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa dapat
membangun pengetahuan dan keterampilan yang baru secara efektif (Schuh, 2003).
Beberapa
prinsip untuk lingkungan pembelajaran konstruktivisme antara lain:
a. Menghadirkan
masalah-masalah yang semakin kuat relevensinya kepada siswa.
b. Menyusun
pembelajaran di seputar konsep-konsep pokok.
c. Mencari
tahu dan menghargai sudut pandang siswa.
d. Mengadaptasikan
kurikulum untuk memperhatikan asumsi-asumsi siswa.
e. Menilai
pembelajaran siswa dalam konteks pengajaran.
Beberapa prinsip untuk lingkungan pembelajaran konstruktivisme antara lain:
0 komentar:
Posting Komentar